wellcom

***

thaks for visit me and trust my posted

seputar istilah pada harddisk

  • Acces Time
    yaitu waktu yang diperlukan untuk dapat mengakses data yang dibutuhkan,dari keadaan idle(diam)hingga mendapatkan data tersebut.
  • ATA
    merupakan standar kecepatan transfer data dari perangkat dengan interface PATA.beberapa nama lainnya adalah ATA-7,ATA/ATAPI-7,Ultra-DMA/133,UDMA-6,dll.untuk mencapainya,dibutuhkan kontroler harddisk yang sudah mendukung,juga controller BUS pada sisi PC (lebih tepatnya pada Motherboard)sedangkan dalam pengembangan selanjutnya adalah ATA-8 atau ATA/ATAPI-8.
  • EIDE
    EIDE(Enhanced Intergrated Drive Electronics),juga dikenal sebagai ATA (Advanced Tecnology Attachment) atau ATAPI (Advanced Tecnology Attachment Packet Interface),adalah istilah pada zaman PC IBM AT.
  • NCQ
    NCQ (Native Command Queuing),merupakan command protocol pada SATA yang memungkinkan harddisk menentukan sendiri urutan perintah saat beroprasi.protocol ini memiliki banyak kesamaan dengan protocol TQC (Tagged Command Queuing) yang biasanya ditemukan pada harddisk SCSI.selain mempercepat kinerjanya,juga mengoptimalkan umur mekanisme dari harddisk itu sendiri.
  • Perpendicular Recording
    proses perekaman data didalam hdd dengan  memosisikan arah magnetisme  di permukaan platter secara vertikal,dibanding dengan ini,ruang platter untuk menyimpan data makin kecil,dan menyebabkan peningkatan densitas data yang dapat ditampung.bahkan hingga sepuluh kali lipatnya.
  • RoHS
    RoHS(Restriction of hazardous subtances).ini sebuah  yang lebih dikenal didaratan eropa,untuk batasan jumlah maksimal dalam satuan ppm bagi enam materi yang dianggap berbahaya bagi lingkungan.yaitua;lead,mercury,cadmium,chromium VI,PBB,dan PDBE.
  • Spindle
    dalam harddisk,hal ini mengarah pada piringan poros tiang dari piringan tempat menampung data (platter).

1 komentar:

  1. Thanks gan , saya mau presentasi seputar hardisk soalnya ..

    kunjungi balik yaa
    serilkom.blogspot.com

    BalasHapus